BULAN AUDIT MUTU INTERNAL, Prodi PGMI Pascasarjana Siap Berpartisipasi
Kegiatan Audit Mutu Internal pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Program Pascasarjana merupakan bentuk pengendalian yang berorientasi pada upaya pencapaian standar mutu yang berimplikasi pada tercapainya target nilai akreditasi baik pada level program studi maupun pada level institusi khususnya dalam bidang pengelolaan pendidikan dan pengajaran. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Program Pascasarjana merupakan salah satu Prodi di Institut Agama Islam Negeri Kudus mengalami tren positif dalam hal ketercapaian mutu yang ditunjukkan dengan upaya perbaikan- perbaikan mutu. Sebagai upaya pengendalian dan peningkatan mutu di level Prodi maka perlu dilakukan Assesment Capaian standar SPMI yang dilakukan oleh Gugus Kendali Mutu (GKM) Prodi PGMI secara berkala yang ditindaklanjuti dengan proses Audit Mutu Internal (AMI) sesuai siklus yang telah ditetapkan. Kegiatan AMI tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 29-30 oktober 2022.
Rektor IAIN Kudus Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc.,MSi,. Menyampaikan” Bulan audit Mutu Internal dilaksanakan secara berkala setiap tahun untuk melaksanakan kontrol kualitas berjalannya program studi secara menyeluruh, beliau berharap dengan adanya Audit Mutu Internal ini, seluruh pengelola program studi terbantu dalam melengkapi kebutuhan-kebutuhan Prodi yang harus dilengkapi untuk terlaksananya proses pembelajaran dan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan user”.
Ketua LPM Dr. Nur Aris M.Ag Menyampaikan Bahwa Audit Mutu Internal di lapangan terdapat sejumlah hal yang bersifat positif, di antaranya: Memiliki rasio dosen dan mahasiswa yang mencukupi, Sarana dan prasarana yang representatif, Kesesuaian dosen mengajar dengan bidang ilmu semakin baik, Telah terdokumentasikannya prestasi mahasiswa dan dosen diranah regional dan internasional, Telah melakukan inovasi berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan nilai tambah di fakultas.
Audit Mutu Internal yang dilakukan pada tahapan ini berfokus pada sejumlah temuan yang dipandang perlu ditindaklanjuti untuk menemukan akar masalah, serta mencari solusi bersama serta upaya penyelesaiannya. Adapun hasil Desk Evaluation atau Assesmen Lapangan yang dilakukan oeleh Gugus Kendali Mutu (GKM) pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI).